Tempat Wisata Danau Toba Yang Indah


Danau toba adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat dahsyat yang terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan ini mengakibatkan hampir kepunahan beberapa spesies makhluk hidup yang ada di bumi. Pesona pemandangan yang indah merupakan daya tarik tempat wisata Danau Toba. Tidak hanya wisatawan domestik bahkan turis asing pun mengunjungi Danau Toba yang menjadi primadona wisata sumatera Utara ini. Danau toba merupakan daerah pegunungan dan perbukitan serta perairan. Juga tedapat beberapa hutan dan kebun yang bisa di jumpai di sana. Hal inilah yang menjadikan Tempat Wisata Danau Toba menjadi salah satu pilihan destinasi liburan pariwisata yang ada di Indonesia. Pemandangan yang indah sepanjang mata memandang, hembusan angin yang sejuk, serta udara yang bersih menjadikan tubuh rileks dan segar kembali.


Ada beberapa sarana transportasi pilihan untuk menuju Tempat Wisata Danau Toba, apabila pengunjung tiba di Medan menggunakan pesawat terbang, dari bandara pengunjung bisa menuju ke terminal bus Amplas terlebih dahulu baru di lanjutkan dengan naik angkutan umum yang tarifnya relatif murah. Sebenarnya untuk melakukan perjalanan menuju Wisata Danau Toba lebih asyik bila menggunakan Kereta api atau dengan kapal feri, karena dalam perjalanan nanti pengunjung akan di suguhkan pemandangan yang begitu indah yang tentunya bisa menjadi moment istimewa.

Bagi pengunjung wisata Danau Toba tak perlu khawatir apabila ingin menjelajahi objek wisata ini, karena di sini sudah terdapat berbagai macam penginapan seperti hotel, guesthouse dan homestay. Untuk pemesanan kamar hotel pun sudah bisa di lakukan dengan online.


Di masyarakat sekitar terbentuknya Danau Toba mempunyai cerita sejarah tersendiri. Konon hiduplah petani  di desa bagian utara pulau Sumatera. Untuk kebutuhan sehari-hari pemuda itu menggantungkan hidupnya dari hasil sawah dan memancing di sungai untukmencari ikan. Pada suatu hari pemuda itu memancing dan memperoleh hasil tangkapan berupa seekor ikan berwarna keemasan nan indah. Waktu pemuda itu memegangnya tiba-tiba ikan itu berubah menjadi seorang puteri yang sangat cantik jelita. Puteri itu adalah wanita yang di kutuk karena sesuatu hal.

Karena terpesona akan kecantikannya pemuda itu meminta puteri untuk menjadi isterinya. Sang puteri setuju dengan syarat sang pemuda tidak menceritakan asal usulnya yang berasal dari seekor ikan. Pemuda desa menyanggupi permintaan puteri dan menikahlah mereka membentuk suatu kelurga. Layaknya keluarga yang lain mereka pun mempunyai seorang anak. Namun anak yang mereka miliki mempunyai kebiasaan buruk, yaitu bila sang anak makan dia seperti tidak pernah merasa kenyang. Yang di kerjakannya hanya makan dan makan.

Pada suatu hari pemuda desa melanggar peraturan puteri dengan mengatakan kepada anaknya : “ dasar anak keturunan ikan !”. kata-kata ini terucap karena dia merasa jengkel kepada anaknya yang menghabiskan makanan orang tuanya. Kata-kata tersebut secara tidak langsung telah membuka rahasia isterinya yang tak lain dari seekor ikan yang di tangkapnya beberapa tahun lalu.
Karena janji mereka sudah di langgar sang isteri dan anaknya menghilang dengan begitu saja. Di bekas telapak kaki di mana mereka berpijak, menyemburlah sebuah mata air yang semakin lama semakin besar dan meluas hingga menenggelamkan daerah tersebut hingga membentuk sebuah danau. Sejak itulah danau itu di sebut dengan Danau Toba.

sumber gambar : wikipedia

Artikel Terkait

Tempat Wisata Danau Toba Yang Indah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email