Berinteraksi Dengan Kera Jinak Di Alas Kedaton Bali


Tempat wisata yang satu ini mengingatkan saya dengan dengan obyek wisata yang ada di Semarang Goa Kreo. Di sini kita bisa menemui kera-kera jinak yang berjalan ke sana kemari, makan makanan yang si beri pengunjung ataupun sedang bermain dengan sesama kera lainnya. Dapat berinteraksi dengan kera-kera yang jinak bisa menjadi pengalaman tersendiri, meskipun jinak kita tetap harus berhati hati karena bisa saja mood binatang ini berubah dan bisa menjadi liar.


Tempat wisata ini bernama ALASKA , ups... tapi jangan berfikir kalau Alaska ini adalah tempat yang berada di benua Amerika ya...Alaska ini merupakan singkatan dari Alas Kedaton, dan tempat wisata ini juga layak kita kunjungi jika hari libur tiba, di sini kita bisa berinteraksi dengan kera-kera yang jinak.  Di hutan seluas 12 hektar ini terdapat ribuan kera liar namun jinak yang hidup berdampingan dengan masyarakat setempat. Alas Kedaton terletak di Desa Kukuh , Kecamatan Marga,Kabupaten Tabanan, Bali. Dan di disini merupakan habitat dari kera-kera liar ini. Kita bisa berinteraksi, memberi makan ataupun berfoto bersama mereka. Kera di sini jinak karena pengurus tempat wisata ini selalu memberi makan rutin sebanyak tiga kali, setiap kali makan pengelola menghabiskan ratusan kilogram bahan makanan seperti jagung, ketela dan bahan makanan lainnya.


Jika hari libur tiba tempat wisata ini banyak di kunjungi, dan kunjungan wisatawan bisa naik hingga 100% lebih. Untuk dapat berinterksi ataupun berfoto dengan kera-kera ini hanya di kenai biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja. Jika kita mengunjungi tempat ini biasanya kita akan di pandu oleh pemandu lokal yang tahu daerah sekitar hutan, jadi tidak perlu cemas dan takut bila kesasar. Tak jauh dari tempat inipun ada yang menjual cinderamata untuk kenang-kenangan ataupun oleh-oleh, juga terdapat tempat bermain bagi anak-anak dan fasilitas lainnya. Jadi tempat ini cocok sekali untuk mengisi liburan kita. Untuk menuju tempat ini di butuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan jika jalan dalam kondisi normal atau tidak macet dari kawasan pantai Kuta.

Sumber Gambar :
Gambar 1,2 : https://www.flickr.com/photos/polytikus/
Gambar 3: https://www.flickr.com/photos/jafsegal/

Artikel Terkait

Berinteraksi Dengan Kera Jinak Di Alas Kedaton Bali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email