Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung


Bagi teman-teman yang suka dengan kupu-kupu ada lho tempat wisata yang menawarkan aneka jenis kupu-kupu, bahkan tempat wisata ini di sebut juga The Kingdom Of Butterfly. Di sini kita akan melihat warna warni kupu-kupu dari berbagai jenis. Tempat wisata ini adalah Taman Nasional Bantimurung yang berada di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Tidak hanya melihat banyaknya kupu-kupu tapi di sini juga terdapat air terjun yang bisa kita nikmati keindahannya.

Obyek wisata ini bisa di jadikan tujuan untuk mengisi hari libur datang. Perjalanan keTaman Nasional Bantimurung, kabupaten Maros memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan darat jika di tempuh dari Makasar. Hanya dengan harga tiket 25.000 Rupiah kita bisa melihat tempat yang menjadi habitat kupu-kupu terbesar dan paling beragam di dunia dan juga melihat indahnya air terjun. Untuk wisatawan mancanegara di kenakan biaya masuk sebesar Rp 225.000, sedangkan bagi para pelajar di kenakan tarif sedikit murah yaitu Rp 23.000.


Taman Nasional Batimurung merupakan obyek wisata air terjun dan surganya kupu-kupu, meskipun ada keunikan lain yang di tawarkan yaitu Karst, dan adanya goa dengan keindahan Stalagnit dan Stalagmitnya. Karena beragamnya jenis kupu-kupu dan banyak pula jumlahnya Bantimurung oleh Alfred Russel di juluki dengan nama The Kingdom Of Butterfly atau kerajaan kupu- kupu. Bantimurung yang indah mempunyai luas sekitar 50 hektar.


Di sini pengunjung biasanya bermain air di air terjun ini, atau jika tidak para pengunjung sekedar jalan -jalan menikmati keindahan tempat ini. Adanya pendopo dan gazebo  di manfaatkan pengunjung untuk duduk sambil bercengkrama dengan keluarga ataupun teman. Untuk yang suka narsis latar belakang keindahan obyek wisata ini akan menjadikan hasil jepretan menjadi menarik dan indah. Untuk hasil foto bisa di gunakan untuk koleksi ataupun di bagikan teman di media sosial. Hampir di setiap hari libur nasional Bantimurung di kunjungi oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Jumlah pengunjung yang datang pada hari libur bisa mencapai 3000an pengunjung setiap harinya.

Berlibur ke tempat wisata tidak lengkap rasanya jika tidak membawa cindera mata. Di sini ada beberapa cinderamata yang di tawarkan seperti batu akik, gantungan kunci dan aneka jenis perhiasan. Untuk harga gantungan kunci kupu-kupu mulai dari Rp10.000-Rp 250.000. untuk kupu-kupu yang di jadikan buah tangan berbentuk gantungan kunci ini bukan dari kupu-kupu yang di buru di taman nasional ini melainkan dari hasil penangkaran yang mati lalu di awetkan.
Dari beberapa keunikan yang di tawarkan Bantimurung tidak ada ruginya jika tempat ini di jadikan tujuan wisata bagi teman-teman bersama keluarga untuk di kunjungi jika hari libur telah tiba atau pada akhir pekan dan akhir atau awal tahun baru.


Artikel Terkait

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email