Tempat Wisata Candi Prambanan Yang Megah

Jalan-jalan ke Tempat Wisata Candi Prambanan membawa kesan tesendiri, beda dengan Candi Borobudur yang merupakan Candi budha, Candi Prambanan merupakan komplek Candi Hindu. Ketenarannya pun tak kalah dengan Candi Borobudur, apalagi sejak di tetapkannya Candi Prambanan oleh UNESCO pada tahun 1991 sebagai situs warisan dunia.

Dengan berlibur ke Candi Prambanan kita bisa mengenal  seni sastra dan cerita Hindu, yang cerita tersebut di tuangkan dalam relief pada candi ini. Jika pengunjung mengalami kesulitan dalam membaca kisah cerita pada candi, pengunjung bisa menyewa jasa pemandu yang ada di tempat wisata ini untuk menjelaskannya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang tempat wisata ini, di sini juga terdapat museum yang akan menjawab keingintahuan pengunjung.

Tempat wisata Jawa Tengah ini mempunyai area yang sangat luas, di sini kita bisa mengagumi sebuah mahakarya manusia yang begitu megah dan indah. Menikmatinya dengan berjalan kaki sambil melihat ukiran di setiap candi, sesekali mengambil gambar atau berfoto untuk mengabadikan moment bersama teman dan keluarga, sungguh akan menjadikan sebuah kenangan tersendiri.


Tentunya sangat menarik jika menengok kebelakang tentang sejarah ke dua candi yang menjadi icon wisata jawa tengah ini. Meskipun ke dua candi berada tidak terlalu jauh jaraknya dan dari dua kepercayaan yang berbeda yakni Hindu dan Budha tapi mereka bisa rukun dan hidup berdampingan. Apalagi kalau di lihat dari arsitektur bangunannya yang unik nan megah, Bagaiman mungkin mereka bisa membangun bangunan seperti ini padahal waktu itu tekhnologi belum maju?.


Terdapat 3 candi utama di halaman utama Candi Prambanan. Yakni Candi Brahma, Wisnu, dan Siwa. Dalam kepercayaan agama hindu ke tiga buah candi tersebut merupakan lambang Trimurti. Ketiga candi menghadap ke timur sedangkan candi yang lebih kecil yang mendampinginya menghadap ke barat, yaitu Angsa untuk Brahma, Nandini Untuk Siwa, dan Garuda untuk Wisnu. Juga terdapat beberapa candi lainnya. Dari cerita rakyat yang mengisahkan tentang Candi Prambanan ini, candi ini juga di sebut sebagai seribu candi, meskipun kenyataannya hanya terdapat sekitar 240 candi yang berdiri di tempat wisata ini.

Dalam ajaran Hindu di kenal sosok dewa penghancur yakni Dewa Siwa, dan Candi Prambanan ini merupakan suatu bentuk persembahan untuk dewa tersebut. Karena statusnya sebagai candi persembahan untuk Dewa Siwa maka candi yang mempunyai tinggi 47 meter ini di sebut sebagai Candi Siwa. Menurut prasasti Siwaghra yg sekarang disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama asli kompleks candi ini bernama Siwaghra yg berasal dari bahasa Sansekerta, yg memiliki arti Rumah Siwa.


Sama halnya di Candi Borobudur di Candi Prambanan ini juga terdapat relief, relief di sini menceritakan kisah tentang Ramayana dan Krishnayana. Reliaf Ramayana mengisahkan tentang Rama yang merebut kembali istrinya Shinta yang di culik oleh Rahwana. Dalam misinya ini Rama di bantu oleh Hanoman.  Sedangkan relief krishnayana mengisahkan tentang perjalanan hidup  Krishna sbg Awatara atau reinkarnasi Dewa Wisnu.


Ada satu buah legenda yg senantiasa diceritakan penduduk Jawa mengenai candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Sebab tidak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso menciptakan candi dgn 1000 patung dalam semalam. Permintaan itu sebenarnya nyaris tercukupi sebelum Jonggrang meminta penduduk desa menumbuk padi untuk di bakar hingga menciptakan api yang besar , biar seakan-akan dengan cahaya api yang kemerahan  suasana seperti pagi hari. Setelah Bandung Bondowoso tahu kalau dirinya di tipu dan merasa di curangi, Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang Menjadi Patung yang ke 1000, karena sebelumnya Bondowoso hanya membuat 999 patung.


Candi Prambanan bisa di kunjungi setiap hari, mulai jam 06:00 – 17:00. Dengan harga tiket masuk Rp 30.000 rupiah untuk dewasa, sedangkan anak-anak Rp 12.500 rupiah. Untuk menuju ke tempat wisata ini juga cukup mudah, bisa di tempuh dengan angkutan umum maupun mobil pribadi. Dan jangan lupa membeli oleh – oleh atau sovenir untuk kenang-kenangan.

Artikel Terkait

Tempat Wisata Candi Prambanan Yang Megah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email