Keindahan Tempat Wisata Bone Bolango

 Tidak mudah menangani wliyah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan banyak suku, apalagi masih terdapatnya desa tertinggal di daerah terpencil. Untuk itu pemerintah Indonesia mencanangkan otonomi daerah untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan daerah- daerah tersebut. Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satunya, Sejak di tetapkan sebagai kabupaten pada 25 Februari 2003 melalui undang-undang no 6 tahun 2003, kabupaten Bone Bolango memilki 4 kecamatan induk yakni Kecamatan Tapa, Kecamatan Kabila, Kecamatan Suwawa, dan kecamatan Bone Pantai. Sedangkan kabupatan bone Bolango sendiri memiliki luas mencapai 1984 Kilo Meter Persegi.

Pada umumnya penduduk kabupaten Bone Bolango mempunyai mata pencaharian sebagai petani, mereka menanami sawah dan kebunnya dengan padi,, jagung dan tanaman pangan lainnya. Tidak hanya mempunyai pemandangan alam pegunungan yang membentang indah, Bone Bolango juga memilki pemandangan laut yang mempesona. Tidak hanya pada permukaan bahkan kedalaman lautnya pun begitu indah, sektor inilah yang coba di kembangkan Kabupaten yang mempunyai penduduk lebih dari 160.000 jiwa ini untuk memajukan dearahnya. Dengan daya tarik inilah kini Bone Bolango mampu menarik sekitar 50.000 wisatawan setiap tahunnya.


Karena letaknya yang tidak jauh dari Provinsi Gorontalo menjadikan daerah wisata yang ada di kabupaten Bone Bolango menjadi pilihan warga Gorontalo untuk beristirahat setelah lelah dengan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Dengan menikmati alam pegunungan dan birunya air laut membuat tubuh dan pikiran segar kembali. Salah satu tempat yang sering di kunjungi oleh masyarakat adalah Taman Laut Olele. Taman laut ini memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah karena permukaan laut ini sangat terjaga kebersihannya. 

Kabupaten yang terletak pada perbatasan provinsi Gorontalo ini mempunyai garis pantai yang panjang membentang yang menjadikan wisata pantai menjadi pilihan favorit bagi wisatawan. Selain Taman Laut Olele, Pantai Batutonuo bisa di jadikan alternatif lain untuk menikmati indahnya alam pantai, tidak hanya bermain air di pinggir pantai di sini kita juga bisa beristirahat di pondokan yang di sediakan. Cukup dengan menempuh perjalanan selama 30 menit dari Gorontalo kita sudah bisa menikmati indahnya pemandangan laut yang di miliki kecamatan Kabila ini.


Tidak hanya keindahan permukaanya saja yang bisa di nikmati ternyata alam bawah lautnya pun sangat mempesona untuk di nikmati. Dengan melakukan penyelaman kita bisa melihat terumbu karang dan aneka jenis ikan yang bersliweran. Salah satu tempat untuk menikmati keindahan bawah laut adalah di taman laut Olele kecamatan Kabila.Taman Laut Olele barada di sekitar 26 KM arah tenggara kota gorontalo, infrastruktur jalan yang sudah baik  menjadikan perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor dapat di tempuh dalam waktu 1 jam.


Melihat potensi alam lautnya masyarakat lokalpun mendukung upaya pemerintah setempat mengembangkan dan memperkenalkan wisata laut ke masyarakat luas. Di sini anda bisa menikmati keindahan Taman Laut Olele dengan menggunakan perahu bottom glass yang di kelola masyarakat Olele, dengan menggunakan perahu ini anda bisa menikmati keindahan bawah laut dari permukaan laut. Bila ingin lebih mengeksplorasi keindahan bawah laut Taman Laut Olele terdapat juga peralatan snorkling yang bisa anda gunakan . namun cara terbaik untuk bisa menikmati Taman Laut Olele adalah dengan menyelam , memasuki air laut yang jernih wisatawan bisa menikmati terumbu karang dan biota alam yang hidup di Taman Laut Olele. Bagi para penyelam Taman Laut olele memiliki daya tarik tersendiri yang sayang untuk di lewatkan. Selain itu lokasi Taman Laut Olele yang berada di teluk tomini membuat arusnya tidak terlalu kuat hingga membuat penyelam bisa menghabiskan waktu lebih lama di dalam laut.



Tempat wisata lain yang dapat di kujungi di Bone Bolango antara lain Obyek Wisata Air Panas. Tidak hanya pemandangannya yang indah,di  obyek wisata yang terletak di Desa Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah ini juga terdapat kolam yang airnya terasa panas. Semua pengunjung dapat memanfaatkan kolam ini untuk berenang atau hanya sekedar berandam merasakan hangatnya air kolam yang bersumber dari Gunung Tilongkaba. Masyarakat sekitar percaya bila mandi atau berendam di kolam air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu lokasi obyek wisata yang terletak di dalam Kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini terdapat juga air terjun yang dapat di nikmati. Wisata Pantai Uabanga,yang terletak di Desa Uabanga dan Desa Kaidundu Kecamatan Bone Pantai 38 Km dari Pusat Kota Gorontalo bisa jadi tujuan berikutnya. Dan masih banyak tempat lagi yang bisa di kunjungi dan dikembangkan di daerah ini untuk kemajuan objek wisatanya.

Artikel Terkait

Keindahan Tempat Wisata Bone Bolango
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email