Tempat Wisata Pendakian Gunung Merbabu

Bagi kalian para pecinta wisata alam khususnya mendaki gunung pasti tidak lenglap bila belum mengunjungi puncak Gunung Merbabu. Tempat wisata yang berada di Kabupaten Boyolali, semarang , dan Magelang ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Nama Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung, dan “babu” yang berarti wanita. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.142 mbpl ini mempunyai lima buah kawah yaitu Kawah Kombang, kawah Condrodimuko, Rebab, kendang, dan Kawah Sambernyowo.

Tempat Wisata Gunung Merbabu berada di provinsi Jawa Tengah dan merupakan kawasan hutan lindung serta Taman Wisata Alam dengan luas kurang lebih 5.725 Ha, di antara kabupaten Semarang, Magelang, dan Kabupaten boyolali dengan 3 desa di Kecamatan getasan kabupaten Semarang.  Untuk Kabupaten Magelang desa yang membatasi langsung Taman wisata gunung Merbabu sebanyak 3 desa di kecamatan Ngablak, 3 desa di Kecamatan Sawangan, 13 desa di Kecamatan Pakis serta 1 desa di kecamatan candi Mulyo. Sedangkan di Kabupaten boyolali  terdapat 7 desa di Kecamatan Selo, dan 6 desa di kecamatan Ampel.


Gunung yang berada di Jawa Tengah ini mempunyai pemandangan yang begitu indah, yang keindahannya tidak kalah jika di bandingkan dengan gunung yang ada di indonesia lainnya. Di setiap langkah kaki perjalanan menuju ke puncak kita akan di temani dengan beraneka macam flora seperti tanaman pinus, Bintamin, puspa, eldewis, dan tanaman lainnya. Juga ada berbagai macam fauna atau binatang liar yang hidup di sekitar Tempat Wisata Gunung Merbabu ini.


Masyarakat sekitar yang tinggal di kawasan Taman Wisata Gunung Merbabu bermata pencahariaan sebagai petani. Meskipun begitu mereka juga menyewakan home stay, pondokan untuk istirahat, warung makan, warung kelontong serta kios tanaman hias bagi para pengunjung yang akan menikmati Taman Wisata Gunung Merbabu. Jika beruntung waktu berkunjung, kita bisa melihat aneka pertunjukan seperti ketoprak, kuda lumping, campur sari, tari soreng, jatilan dan tari-tarian lainnya yang menjadi kesenian atau kebudayaan yang di miliki masyarakat sekitar Taman Wisata Gunung Merbabu.


Sebelum mendaki puncak Gunung Merbabu biasanya para pengunjung yang tinggal di luar kota, melewati jogja terlebih dahulu sebelum menuju desa ini untuk memulai pendakian. Jadi pengunjung bisa menikmati budaya jogja yang khas baik sebelum atau sesudah pendakian di Taman wisata Gunung Merbabu. Untuk menuju kota Jogja sendiri  sangatlah mudah, banyak transportasi umum yang bisa di gunakan untuk menuju ke kota ini sebelum menuju Gunung Merbabu sepeti bus atau kereta api, dengan biaya yang cukup murah. Untuk menuju Taman wisata Gunung Merbabu paling baik pada waktu bulan Juni sampai dengan September. Dan bulan Desember setiap tahunnya.   

  

Artikel Terkait

Tempat Wisata Pendakian Gunung Merbabu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email